Digital Development Center

Era globalisasi membuat pergeseran budaya di berbagai sisi. Hampir seluruh bidang kehidupan sehari-hari tidak lepas dari dunia digital. Hal ini berpengaruh juga pada budaya perusahaan. Persaingan yang ketat antarperusahaan di dunia merambah lewat persaingan di bidang teknologi informasi. Perusahaan yang akan bertahan dalam persaingan harus mengikuti budaya digital ini.

PT United Tractors Tbk (UT) adalah salah satu perusahaan yang mengikuti perkembangan zaman dimana persaingan di bidang teknologi informasi ini menuntut PT United Tractors Tbk beserta grupnya membuat proyek digitalisasi. Semakin besarnya proyek digitalisasi ini membuat kebutuhan akan tenaga kerjaa di bidang teknologi informasi terus meningkat.

Menyikapi hal tersebut, PT Global Service Indonesia, member dari Yayasan Karya Bakti United Tractors sebagai penyedia tenaga kerja salah satunya di bidang teknologi informasi (IT) harus lebih aktif mencari tenaga kerja IT yang siap menjawab kebutuhan UT dan UT Group akan tenaga kerja IT tersebut. Sayangnya, lulusan IT dari beberapa institusi pendidikan tidak semua memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang dibutuhkan UT dan UT Group.

Maka dari itu, PT Global Service Indonesia dituntut untuk lebih aktif dan kreatif untuk menyediakan tenaga kerja IT yang ready for use terutama dalam menjawab kebutuhan UT dan UT group yang semakin meningkat. Tuntutan tersebut mencetuskan sebuah program berbasis pendidikan singkat di bidang IT yang akan meningkatkan kompetensi lulusan IT pada tingkat yang dibutuhkan UT dan UT group tersebut. Program tersebut bernama “Digital Development Centre”.

Pada tanggal 2 Mei 2018 yang bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, program Digital Development Centre resmi dibuka. Peresmian ini secara simbolis dilakukan dengan cara potong tumpeng oleh Direktur PT United Tractors Tbk, Bapak Edhie Sarwono, dengan memberikan potongan tumpeng kepada perwakilan pihak institusi pendidikan, yaitu Pak Rizki (Poltek STMI Jakarta) dan Pak Rudi (UPN Veteran Jakarta) tepat pada pukul 09.04 WIB.Acara peresmian DDC dilaksanakan secara formal di VIP Room lantai 2 UT Grand Ballroom. Selain Bapak Edhie Sarwono selaku direktur PT United Tractors Tbk, acara ini turut dihadiri oleh jajaran komisaris dan direksi PT Global Service Indonesia, serta 41 peserta dari pihak institusi pendidikan, baik dekanat, dosen maupun mahasiswa (sebagai calon siswa DDC).

Program ini dirancang agar PT Global Service Indonesia memiliki database tenaga kerja IT yang siap pakai demi menjawab kebutuhan yang telah disebutkan. Data tersebut pastinya akan memudahkan PT Global Service Indonesia dalam memenuhi kebutuhan customer akan tenaga kerja IT pada tingkat kopmpetensi yang sesuai kebutuhan.

Program ini selain bermanfaat bagi PT Global Service Indonesia, juga bermanfaat bagi institusi terkait yang menaruh kepercayaan untuk bekerja sama dengan PT Global Service Indonesia dalam kesuksesan program Digital Development Centre ini.